Minggu, 25 Oktober 2015

Membuat garis Vertikal, Diagonal dan Horisontal menggunakan openGL


Pada tugas kali ini saya diminta membuat garis pada program openGL, yang saya digunakan disini adalah openGL for c++. Disini saya tidak menjelaskan bagaimana cara menginstall openGL. Saya akan langsung memulai untuk membuat garis.

1. VERTIKAL.

Mula-mula buka program ‘Dev-c++’ lalu pilih file à new project à pilih multimedia à openGL à OK.
Disini saya menyimpan project dengan nama Project1.dev , lalu ketikkan kodingan seperti dibawah :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  //digunakan untuk memberi warna untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);   //untuk membersihkan layar background dengan wanra hitam       
glPushMatrix (); //membuat baris kode tidak berlaku dibagian luar   
glClearColor (1,1,1,0);  //untuk menentukan warna pada garis atau titik
glColor3f (1,1,1);  //untuk menentukan warna pada garis atau titik
glBegin(GL_LINES); //digunakan untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
glVertex3f (0.10,10.0,13.13);  //untuk menentukan titik awal yang akan digunakan
glVertex3f (0,0,0.0); //untuk menentukan titik akhir yang akan digunakan
glEnd (); //untuk mengakhiri gambar garis dititik yang terakhir
glPopMatrix (); //membuat baris kode tidak berlaku dibagian luar   
SwapBuffers (hDC); //digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Setelah program selesai diketik, maka simpan program (disini saya menyimpan nama file dengan nama ‘main1’). lalu compile program dengan F9, setelah sudah tidak ada yang error langsung run program dengan F10. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.







2. DIAGONAL
Pada program garis ke dua ini, saya membuat project baru dengan nama ‘Project2’ dan dengan nama file ‘diagonal’. Kodingan yang digunakan sama dengan kodingan garis sebelumnya, yang membedakan hanya nilai untuk nilai awal dan akhirnya. Jika program berjalan dengan lancer/tidak error. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.


dan outputnya seperti ini :

3. HORISONTAL           
Pada program ke tiga ini, saya akan membuat garis horizontal. 
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);           
glPushMatrix ();           
glClearColor (1,1,1,0);           
glColor3f (1,1,1);           
glBegin (GL_LINES);           
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f);           
glVertex3f (-0.6f, 0.0f, 0.0f);           
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f (0.6f, 0.0f, 0.0f);




Tidak ada komentar:

Posting Komentar