RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN TATA SURYA 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY oleh Chandra Kurniawan dan Rhyco Putra Ardy.
ISI JURNAL
Jurnal
ini berisi pengertian dan peran Augmented Reality dalam menarik minat belajar pengguna
dalam mempelajari tata surya. Dan juga berisi macam-macam marker dan objek yang
digunakan , serta tahap-tahap pengujian yang dilakukan.
KESIMPULAN
1.
Pembelajaran menggunakan
aplikasi berbasis Augmented Reality
lebih efektif karena dapat menarik minat belajar pengguna khususnya anak-anak.
2.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa meskipun
dalam penggunaan marker hitamputih maupun marker warna-warni, objek tiga
dimensi tetap tampil. Jadi, pendeteksian augmented reality tidak harus
menggunakan marker hitam-putih.
3.
Sudut, jarak dan
cahaya memiliki pengaruh terhadap munculnya objek.
METODOLOGI
Metodologi yang digunakan dalam pembuatan
skripsi ini adalah metodologi Microsoft Solution Framework (MSF) dengan
tahapan-tahapan sebagai berikut:
1. Envisioning Phase, yaitu tahapan dimana
tujuan, manfaat dan ruang lingkup dari aplikasi ditetapkan secara tertulis.
2. Planning Phase, yaitu tahapan dimana
aplikasi yang akan dibuat dimodelkan, dirancang, dan direncanakan sesuai dengan
tujuan dan manfaat yang ingin dicapai dalam bentuk draft.
3. Developing Phase, yaitu tahapan dimana
draft tersebut direalisasikan dalam bentuk produk aplikasi.
4. Stabilizing Phase, yaitu tahapan dimana
produk aplikasi tersebut diuji coba dalam berbagai kondisi untuk menemukan
kekurangan yang ada.
5. Deploying Phase, yaitu tahapan dimana
produk aplikasi tersebut digunakan oleh konsumen untuk mendapatkan kritik dan
saran serta kemungkinan langkah pengembangan selanjutnya.
Referensi :
http://eprints.mdp.ac.id/402/1/RANCANG%20BANGUN%20APLIKASI%20PEMBELAJARAN%20TATA%20SURYA%203D%20BERBASIS%20AUGMENTED%20REALITY.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar